Prosedur
pelaksanaan atau tahap-tahap yang dapat dilakukan dalam pembelajaran matematika
adalah sebagai berikut
a. Pada
pertemuan pertama untuk tahap awal pembelajaran, guru membagi siswa ke dalam
beberapa kelompok dan mengubah susunan kursi dan meja. Pada pertemuan
berikutnya, siswa sudah duduk dalam kelompoknya masing-masing. Langkah ini
merupakan tahap awal strategi Genius
Learning, yaitu mencipatakan suasana yang kondusif.
b. Pada tahap kedua, guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa untuk menghubungkan antara materi yang baru dipelajari dengan
pengalaman atau pengetahuan yang telah dimiliki siswa.
c. Guru
memberikan gambaran besar mengenai materi yang akan dipelajari. Gambaran besar
dapat diberikan dengan menggunakan media pembelajaran atau dengan
menggambarkannya secara lisan. Sehingga mencipatakan ketertarikan dan suasana
belajar yang menyenangkan.
d. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari proses pembelajaran
yang akan dilakukan.
e. Guru
menyampaikan materi pembelajaran dengan mengakomodasikan gaya belajar siswa
yaitu gaya belajar visual, dimana siswa
difasilitasi dengan LKS berwarna yang berisi ringkasan materi. LKS ini
dirancang semenarik mungkin sehingga siswa tertarik untuk membacanya. Gaya
belajar auditori, guru menjelaskan materi dengan memberikan tekanan pada hal-hal
yang penting. Langkah ini merupakan tahap
Genius Learning yang kelima
yaitu pemasukan informasi.
f. Untuk
tahap yang keenam yaitu aktivasi, guru memberikan permasalahan kepada siswa.
Masalah diberikan dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk meningkatkan pemahaman
siswa terhadap materi dan dikerjakan dengan diskusi dalam kelompok yang sudah
ditentukan. Guru membimbing dan mengarahkan siswa dalam penyelesaian soal-soal
di LKS.
g. Guru
menentukan satu atau dua kelompok yang akan tampil dengan cara pengundian atau
secara acak. Kemudian dari kelompok yang terpilih, guru memilih kembali secara
acak anggota kelompok tersebut. Siswa yang terpilih mempresentasikan hasil
tugas kelompoknya di depan kelas.
h. Guru
membimbing siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. Untuk
melihat pemahaman siswa tentang pelajaran yang baru dipelajarinya, siswa diberikan
tugas untuk membuat jurnal yang telah dirancang oleh guru. Langkah ini
merupakan langkah terakhir dalam strategi Genius
Learning, yaitu tinjau ulang
Dalam pembelajaran strategi Genius Learning, siswa difasilitasi untuk bekerja sama dalam
kelompoknya dan saling berbagi dengan teman-temannya. Siswa dituntut untuk mengeluarkan ide,
gagasan dan pikiran dalam memahami topik-topik pembelajaran. Sehingga kemampuan
komunikasi dan kerja sama siswa dapat ditingkatkan.
2. Pengelompokan Siswa
Kelompok
belajar adalah suatu usaha yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan
aktivitas siswa dalam belajar. Dalam belajar kelompok siswa bekerja sama dengan
temannya untuk menyelesaikan suatu masalah tentang materi yang dipelajarinya. Menurut
Alipande (1984 : 93), “metode belajar kelompok adalah cara belajar yang
dilakukan oleh guru dengan jalan membentuk kelompok kerja dari kumpulan
beberapa orang murid untuk mencapai suatu tujuan pelajaran tertentu secara
gotong royong”.
Berdasarkan kutipan diatas dapat disimpulkan bahwa
pembentukan pembelajaran kelompok dapat mencapai tujuan pembelajaran. Disamping
itu, pembentukan juga dapat menciptakan interaksi antara siswa dengan siswa lainnya
dalam belajar sehingga masalah yang dihadapi siswa dalam mengerjakan soal-soal
latihan yang diberikan oleh guru dapat teratasi dengan belajar kelompok. Dengan
belajar kelompok memungkinkan siswa untuk berbagi dengan teman-temannya dan
menuntut siswa untuk saling membantu, kerja sama dan bertanggung jawab dalam
memahami suatu materi pokok bahasan, untuk itu sangat diperlukan pembentukan kelompok.
Berikut ini disajikan langkah-langkah pembentukan kelompok berdasarkan kemampuan
akademik menurut Lie (2002: 41) :
Tabel 1. Prosedur Pengelompokan Heterogenitas
Berdasarkan kemampuan akademik
Langklah 1 Mengurutkan siswa berdasarkan kemampuan akademik
|
Langkah 2
Membentuk
kelompok pertama
|
Langkah3
Membentuk
kelompok selanjutnya
|
1.Ani
2.David
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.Yusuf
12.Citra
13.Rini
14.Basuki
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.Slamet
25.Dian
|
2.David
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.Yusuf
12.Citra
13.Rini
14.Basuki
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.Slamet
25.Dian
|
1.Ani
2.David
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.Yusuf
12.Citra
13.Rini
14.Basuki
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.Slamet
25.Dian
|