1.
Pembelajaran
Matematika
Pembelajaran
merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa
atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk
mencapai tujuan tertentu, yaitu hasil belajar. Proses pembelajaran pada dasarnya terdiri atas dua
kegiatan yaitu belajar dan mengajar. Secara psikologis belajar merupakan suatu
proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya
dalam memenuhi kebutuhan hidup. Belajar sebagai suatu proses, ditandai dengan
adanya perubahan pada diri seseorang.
Slameto (2003:2)
menyatakan bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu
untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan,
sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan
lingkungannya. Menurut Sudjana (2000:28) belajar adalah suatu proses yang
ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil
proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti perubahan
pemahaman, pengetahuan, sikap dan tingkah lakunya, daya penerimaan dan
lain-lain aspek yang ada pada individu siswa.
7
|
Berdasarkan definisi-defenisi
ahli di atas, pembelajaran matematika dapat dikatakan suatu proses belajar
mengajar yang melibatkan guru dan siswa, dimana perubahan tingkah laku siswa
diarahkan pada pemahaman konsep matematika yang mengantarkan siswa berpikir
secara sistematis.
-marthayunanda-