Menurut Burton dalam
Lufri (2006:11 ) ”Hasil Belajar merupakan
pola-pola perbuatan, nilai-nilai,pengertian,sikap-sikap,apresiasi,kemampuan dan
keterampilan”
Hasil belajar pada dasarnya merupakan akibat dari suatu
proses belajar. Hal ini akan ditandai dengan adanya perubahan dalam diri siswa.
Perubahan tersebut dapat berupa perubahan pengetahuan, penalaran keterampilan
dan nilai sikap.
Hasil belajar akan diperoleh setelah melakukan evaluasi
yang diklarifikasikan oleh Benjamin Bloom (Winkel ,1999 :245-249) menjadi tiga
ranah.
a.
Ranah Kognitif
Yaitu berkenaan dengan hasil belajar
Intelektual yang terdiri dari enam aspek yaitu pengetahuan, perubahan,
aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi.
b.
Ranah Afektif
yaitu berkenaan dengan sikap yang terdiri
dari empat aspek yaitu penerimaan, jawaban/reaksi, penalaran organisasi dan
internalisasi.
c.
Ranah Psikomotor
Yaitu berkenaan dengan hasil belajar
keterampilan dan kemampuan bertindak yang terdiri dari gerak
refleks,keterampilan gerakan dasar, kemampuan perseptual, keharmonisan dan
ketepatan,gerakan kompleks dan gerakan ekspresif dan interpretatif.
-marthayunanda-